TUGAS
KELOMPOK
Mata
Kuliah : Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan
KELOMPOK
7
OLEH
:
LILI
PUSPITA SARI
NURSA’ADAH
RACHMAWATI
HIDAYAH
3A
REGULER A

PROGRAM STUDI S-1
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK
2014
BAB
II PEMBAHASAN
Konsep Dasar Pengembangan Materi
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
A.
Asumsi Dasar
Salah satu asumsi dasar
yang melandasi pengembangan materi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang
terdapaat di dalam kurikulum atau silabus masih merupakan bahan minimal yang
harus dikembangkan oleh guru. pengembangan materi tersebut disesuaikan dengan
perkembangan tingkat kognitif dan afektif siswa, maupun umur siswa. disamping
itu jugaa harus mengaacu pada tingkat kedalaman dan keluasan materi. ada 3
(tiga) macam pendekatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan materi
pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar, yaitu;
(1). Pendekatan
Expanding Community;
(2). Pendekatan
Pembentukan Konsep;
(3). Pendekatan Spiral
B.
Pendekatan Expanding Approach
Expanding community
approach adalah suatu pendekatan dalam pengembangan materi pendidikan
kewarganegaraan yang berorientasi pada tingkat keluasan materi dengan mengacu
pada lingkungan sekitar, yaitu dari lingkungan yang:
(1) Sempit ke yang luas,
(2) Dari tingkat diri sendiri kepada tingkat
keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara,
(3) Dari materi yang sederhana kepada materi
yang lebih kompleks,
(4) Dari materi yang
konkret kepada materi yang lebih
abstrak.
Pendekatan Expanding Community
Approach (ECA)
Pendekatan ECA merupakan pendekatan kurikulum IPS di mana pengorganisasian materi pelajaran menggunakan pendekatan kemasyarakatan yagn meluas, yakni dimulai dari hal-hal yang lebih jauh (global). Sepintas kelihatan sama dengan pendekatan spiral, namun berbeda konsep dan pelaksanaannya. Pada ECA ini tidak tampak adanya pengulangan materi sebelum masuk ke materi selanjutnya.
Pendekatan ECA merupakan pendekatan kurikulum IPS di mana pengorganisasian materi pelajaran menggunakan pendekatan kemasyarakatan yagn meluas, yakni dimulai dari hal-hal yang lebih jauh (global). Sepintas kelihatan sama dengan pendekatan spiral, namun berbeda konsep dan pelaksanaannya. Pada ECA ini tidak tampak adanya pengulangan materi sebelum masuk ke materi selanjutnya.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar